Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri? Ini Alasannya!

Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri? Ini Alasannya!
Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri? Ini Alasannya!

TrenAndroid.com - Kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri, padahal belum digunakan sama sekali? Kondisi seperti ini banyak dialami para pengguna kartu operator, termasuk kartu Telkomsel. Baru saja mengisikan sejumlah pulsa, namun tiba-tiba pulsa berkurang dengan sendirinya bahkan sampai habis tidak bersisa. Mengalami hal seperti ini pastinya membuat kita jengkel dan emosi.

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat pulsa Telkomsel terus berkurang dan sampai habis pulsanya. Mengetahui penyebabnya ini tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan pencegahan agar pulsa tidak terus berkurang dengan sendirinya. Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan cara untuk mencegah masalah yang sama dialami lagi.

Ini Alasan Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Ini Alasan Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri
Ini Alasan Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Ada beberapa penyebab pulsa Telkomsel berkurang sendiri meskipun kita tidak menggunakannya. Hal ini penting untuk diketahui agar pulsa tidak terus berkurang yang tentunya sangat merugikan kita sebagai pengguna. Selain penyebab, di sini juga akan saya jelaskan beserta cara untuk mengatasinya. 

Adapun beberapa penyebab kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri dan cara mengatasinya selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pengguna Berlangganan Layanan NSP Telkomsel

Pengguna Berlangganan Layanan NSP Telkomsel
Pengguna Berlangganan Layanan NSP Telkomsel

Telkomsel menyediakan beberapa layanan premium berbasis langganan yang bisa dinikmati oleh semua pengguna setianya. Sebut saja layanan NSP atau Nada Sambung Pribadi yang memungkinkan para pengguna untuk berlangganan lagu sesuai selera untuk dijadikan nada sambung di nomor Telkomsel miliknya. 

Dengan berlangganan NSP Telkomsel, nada sambung default “tuuut... tuuut... tuuut...” akan diganti dengan lagu sesuai NSP yang kamu pilih berlangganan. Berlangganan NSP Telkomsel sendiri biasanya memiliki jangka waktu tersendiri, umumnya selama 7 hari dengan biaya langganan menyesuaikan. 

Ketika status langganan NSP Telkomsel, biasanya sistem akan melakukan perpanjangan langganan secara otomatis jika di nomor pengguna terdapat pulsa yang mencukupi untuk perpanjangan. Jika tidak ada pulsa, maka sistem tidak akan melakukan perpanjangan langganan, melainkan menunggu hingga pengguna melakukan pengisian pulsa. Saat sudah mengisi pulsa, otomatis langganan NSP Telkomsel akan diperpanjang kembali dengan menyedot pulsa Telkomsel pengguna.

Agar pulsa Telkomsel tidak terus berkurang otomatis, sebaiknya kamu melakukan pemberhentian langganan NSP Telkomsel tersebut. Ada 2 cara berhenti langganan layanan NSP penyedot pulsa Telkomsel, di antaranya:

Cara 1. Berhenti Langganan NSP Telkomsel dengan Kode Dial

  1. Buka menu Panggilan atau Telepon di HP android.
  2. Kemudian ketik kode dial *726# lalu tekan Panggil dengan nomor Telkomsel.
  3. Akan muncul kotak notifikasi untuk berhenti paket langganan NSP Telkomsel. Konfirmasi dengan pilih Berhenti atau STOP.
  4. Biasanya akan muncul pemberitahuan kalau kamu sudah berhasil menghentikan langganan NSP Telkomsel lewat SMS.
  5. Selesai.

Cara 2. Berhenti Langganan NSP Telkomsel Lewat SMS

  1. Buka menu Pesan di HP androidmu. 
  2. Kemudian pilih menu Tambah untuk mengirim pesan baru.
  3. Pada bagian nomor tujuan SMS, kamu isi dengan nomor 726
  4. Kemudian pada bagian isi pesan, kamu ketik dengan format “STOP” (tanpa tanda petik dua).
  5. Kemudian klik tombol Kirim
  6. Tunggu beberapa saat sampai ada SMS balasan yang masuk, memberitahukan kalau langganan NSP Telkomsel sudah dinonaktifkan.

2. Pengguna Berlangganan Layanan Premium

Pengguna Berlangganan Layanan Premium
Pengguna Berlangganan Layanan Premium

Selain NSP Telkomsel, terdapat jenis layanan berbayar lainnya yang secara diam-diam dapat menguras pulsa milik pengguna. Salah satunya adalah layanan SMS Premium, yang mana saat pengguna mendapatkan sebuah pesan atau SMS dari nomor pemilik layanan premium, maka secara otomatis akan memotong pulsa. Jumlah potongan pulsa yang dilakukan bervariasi, mulai dari Rp 1.000,- hingga Rp 5.000,-.

Untuk mengatasinya kamu perlu melakukan penonaktifan langganan layanan SMS premium penyedot pulsa Telkomsel tersebut. Caranya dengan menguhubungi kode dial *111# atau *116#, kemudian lakukan pemberhentian atau penonaktifkan langganan di sana.

Selain itu, terdapat jenis layanan lainnya yang dapat mengurangi pulsa Telkomsel secara terus-menerus. Untuk mengetahui apakah kamu berlangganan salah satu layanan tersebut, maka bisa mengeceknya melalui kode dial *123*44#. Jika memang terdapat layanan yang aktif, maka kamu bisa berhenti langganan sekarang agar pulsa tidak terus berkurang.

3. Layanan Paket Telkomsel Perpanjangan Otomatis

Layanan Paket Telkomsel Perpanjangan Otomatis
Layanan Paket Telkomsel Perpanjangan Otomatis

Terdapat beberapa jenis layanan paket dari Telkomsel yang menyediakan fitur perpanjangan otomatis ketika masa langganan sudah habis. Baik itu, layanan paket data, paket SMS, paket nelpon hingga paket roaming. Saat masa langganan sudah habis dan sisa pulsa mencukupi untuk melakukan penjangan paket, maka secara otomatis sistem akan memperpanjang layanan tersebut secara otomatis.

Coba cek apakah kamu memang berlangganan salah satu jenis layanan paket yang disebutkan tersebut. Jika benar, maka bisa dipastikan pulsa Telkomsel yang terus berkurang sendiri diakibatkan oleh layanan tersebut. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menghubungi call center Telkomsel 188 guna menanyakan perihal tersebut. 

4. Paket Data Habis dan Mengonsumsi Pulsa

Paket Data Habis dan Mengonsumsi Pulsa
Paket Data Habis dan Mengonsumsi Pulsa

Ketika paket data di nomor Telkomsel sudah habis dan pada saat ini data internet di HP tetap aktif, maka secara otomatis sistem akan mengonsumsi pulsa yang dimiliki untuk dapat terus terhubung ke internet. Hal ini memang banyak tidak disadari oleh pengguna, sehingga membiarkannya akan membuat pulsa miliknya raib. Inilah salah satu alasan kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri yang umum dialami para pengguna.

Sebaiknya lakukan pengecekan sisa kuota internet Telkomsel secar berkala, baik melalui kode dial maupun aplikasi MyTelkomsel. Jika kuota data Telkomsel hampir habis, segera lakukan pembelian paket data baru atau mematikan data seluler di HP agar pulsa tidak digunakan untuk mengakses internet.

5. Penggunaan Layanan Collect SMS dan Collect Call

Penggunaan Layanan Collect SMS dan Collect Call
Penggunaan Layanan Collect SMS dan Collect Call

Telkomsel menyediakan layanan Collect SMS dan Collect Nelpon bagi para penggunanya yang kehabisan pulsa. Menggunakan layanan tersebut memungkinkan seseorang mengirim SMS maupun nelpon dengan biaya ditanggung oleh penerima. Namun, ini tentunya memerlukan persetujuan dari penerima SMS atau Telepon yang ingin digunakan pulsanya tersebut.

Dalam hal ini mungkin kamu tidak sadar menerima persetujuan Collect SMS atau Collect Call dari teman atau orang lain, sehingga pulsa milikmu akan berkurang sesuai biaya yang dibebankan. 

Itulah tadi beberapa penyebab kenapa pulsa Telkomsel berkurang sendiri beserta cara mengatasinya yang harus kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya. 


Posting Komentar untuk "Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri? Ini Alasannya!"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-