Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Redmi Note 10 5G Ngelag Parah, Sering Macet/Hang

Cara Mengatasi Redmi Note 10 5G Ngelag Parah, Sering Macet/Hang
Cara Mengatasi Redmi Note 10 5G Ngelag Parah, Sering Macet/Hang

TrenAndroid.com - Ada banyak faktor yang membuat HP Redmi Note 10 5G ngelag parah bahkan sering macet atau Hang. Yang pasti kondisi seperti ini sering kali membuat kita merasa kesal dan emosi. Apalagi jika saat ini kita lagi butuh banget HP tersebut untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat penting. Meskipun mencoba untuk bersabar, kondisi HP yang semakin ngelag berat berhasil mengalahkan kesabaran yang kita bangun.

Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan trik yang ampuh untuk mengatasi lag parah pada HP Xiaomi Redmi Note 10 5G tersebut. Cara yang diberikan ini cukup mudah diterapkan, sehingga kamu bisa melakukannya sendiri. Tidak perlu membawa HP ke tukang servis HP yang tentunya akan memaksamu mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar pekerjaannya. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Redmi Note 10 5G Ngelag Parah, Sering Macet/Hang

Cara Mengatasi Redmi Note 10 5G Ngelag Parah, Sering Macet/Hang

Cara Mengatasi Redmi Note 10 5G Ngelag Parah, Sering Macet/Hang

Redmi Note 10 5G sejatinya merupakan salah satu seri HP mid-end dari Xiaomi yang didukung dengan spesifikasi cukup tinggi. Dengan begitu performa kinerja yang dihasilkannya sangat mumpuni, berbagai aplikasi dan game berat pun dapat dilibas dengan mudah. 

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu ada kondisi yang membuat HP Redmi Note 10 5G tersebut berjalan lambat, bahkan sering macet atau hang. Lantas, apa yang menjadi penyebab HP Redmi Note 10 5G ngelag dan sering hang tersebut? Berikut ini beberapa faktor penyebabnya yang perlu kamu tahu, di antaranya:

  1. Ruang penyimpanan internal di HP Redmi Note 10 5G penuh.
  2. Ruang Free di RAM yang habis alias RAM penuh.
  3. Banyak aplikasi atau game yang berjalan di latar belakang HP.
  4. Koneksi internet di Redmi Note 10 5G yang bermasalah, baik itu tidak stabil atau bahkan tidak tersambung sama sekali.
  5. Suhu panas pada HP Redmi Note 10 5G yang meningkat drastis, bahkan mengalami overheat.
  6. Menjalankan banyak aplikasi atau game dalam waktu yang bersamaan.
  7. Memaksakan HP menjalankan aplikasi atau game berat yang tidak sesuai dengan kemampuan spesifikasi HP Redmi Note 10 5G.
  8. Upgrade MIUI ke versi baru yang terlalu berat untuk spek Redmi Note 5G.

Pastikan kamu telah paham apa saja penyebab HP Redmi Note 10 5G sering macet atau hang di atas, agar menggunakannya bisa lebih nyaman. Sementara untuk cara mengatasi Redmi Note 10 5G ngelag parah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pindahkan File di Memori Internal

Cara pertama ini khusus dilakukan jika penyimpanan internal di HP Redmi Note 10 5G milikmu penuh. Kamu perlu memindahkan sejumlah file di dalamnya atau menghapus file yang tidak diperlukan demi memperbesar ruang kosongnya.

Cara ini diklaim sangat efektif untuk mempercepat performa kinerja HP sehingga tidak akan terjadi lag atau hang lagi.

2. Cek Free RAM di Redmi Note 10 5G

Kedua yakni dengan mengecek sisa penggunaan RAM di Redmi Note 10 5G, apakah sudah habis atau tidak. Free RAM merupakan sisa ruang penyimpanan di RAM yang memungkinkan untuk memuat file sistem lainnya. Jika ruang kosong di RAM ini habis alias RAM penuh, tentunya ini akan berdampak pada performa kinerjanya.

RAM yang sudah penuh, jika dipaksakan untuk menjalankan aplikasi baru tentunya akan membuat HP ngelah bahkan macet. Untuk mengetahui free RAM di Redmi Note 10 5G tersebut, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP Redmi Note 10 5G.
  • Kemudian masuk ke opsi Layar Utama.
  • Lanjutkan dengan mencari opsi Tampilkan Status Memori, lalu aktifkan dengan cara geser toogle yang ada di sebelah kanan opsi tersebut ke arah kanan. 
  • Nantinya akan muncul halaman baru yang menunjukkan status RAM, termasuk sisa free RAM.
  • Selesai.

Jika memang sisa RAM statusnya 0 alias penuh, maka beberapa hal perlu kamu lakukan, di antaranya:

  1. Lakukan Restart HP Redmi Note 10 5G.
  2. Paksa berhenti aplikasi yang berjalan di latar belakang menggunakan aplikasi Greenify.
  3. Hapus Instalasi atau Uninstall aplikasi dan game berat serta tidak diperlukan.
  4. Selalu menutup aplikasi atau game setelah digunakan. Caranya klik tombol Recent App, lalu pilih Berhenti Semua.
  5. Bersihkan cache di RAM dan penyimpanan dengan aplikasi Pembersih bawaan Xiaomi.

3. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi di Redmi Note 10 5G

File cache dan data aplikasi sering kali membengkak dan membuat sesak memori internal. Solusinya kamu dapat menghapus file cache dan data beberapa aplikasi yang diinstall di HP Redmi Note 10 5G. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Cari aplikasi atau game yang ingin dihapus file cache dan datanya di layar utama Redmi Note 10 5G.
  2. Kemudian tekan dan tahan pada icon aplikasi tersebut hingga muncul beberapa opsi melayang di atasnya.
  3. Selanjutnya pilih opsi Info Aplikasi.
  4. Pada halaman aplikasi tersebut, pilih Penyimpanan.
  5. Kemudian pilih Cache dan Hapus
  6. Selanjutnya pilih Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  7. Selesai.

Melakukan cara ini akan menghapus semua data aplikasi dan game, sehingga pengaturannya akan kembali ke mode default seperti saat pertama kali menginstalnya.

4. Downgrade MIUI di Redmi Note 10 5G

Banyak kasus HP Xiaomi yang ngelag parah setelah diupdate ke MIUI 14, termasuk pada Redmi Note 10 5G. Jika kamu merasakan hal yang samam di mana HP Redmi Note 10 5G  ngelag parah setelah upgrade MIUI 14, solusi paling jitu untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan downgrade. Artinya kita akan mengembalikan sistem di Redmi Note 10 5G ke MIUI 13.

Untuk melakukan downgrade ini kita butuh bantuan perangkat PC atau laptop dan juga Mi Flastool. Selain itu, kamu perlu mendownload firmware Redmi Note 10 5G versi lama melalui situs resminya untuk nantinya dipasang di HP tersebut. Jika masih belum paham untuk cara melakukannya, kalian bisa mencari tutorialnya di Youtube.

5. Memastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Hampir semua aplikasi dan game di android berbasis online, sehingga butuh koneksi internet untuk mengaksesnya. Dalam hal ini koneksi internet di HP yang lambat biasanya akan berpengaruh terhadap kinerja HP saat menjalankan aplikasi dan game online tersebut. Alhasil kondisi ini membuat HP ngelag bahkan sering macet saat digunakan.

Untuk mengatasinya, pastikan kamu menyambungkan HP ke internet dengan sinyal yang kuat dan stabil. Lebih nyaman lagi jika menghubungkan HP ke jaringan wifi yang dianggap lebih cepat dan stabil.

6. Mengistirahatkan HP Redmi Note 10 5G

Jika masalahnya ada pada suhu panas HP Redmi Note 10 5G yang tinggi, sebaiknya kamu mematikan daya pada HP tersebut. Kemudian mendiamkan HP selama beberapa saat dalam keadaan mati, setidaknya 1 hingga 3 jam.

Pastikan kamu menaruh HP di ruang yang sejuk, namun tidak lembap. Selain itu, jauhkan posisi HP Redmi Note 10 5G dari barang elektronik lainnya, seperti TV, speaker, PC atau laptop dan lain sebagainya.

Itulah tadi cara mengatasi HP Redmi Note 10 5G ngelag parah dan sering macet atau hang beserta penyebabnya yang harus kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Redmi Note 10 5G Ngelag Parah, Sering Macet/Hang"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-