Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi

Cara Mengatasi Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi
Cara Mengatasi Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi

TrenAndroid.com - Ada banyak penyebab hanya terbaca 1 kartu SIM saja di Xioami padahal di dalamnya terpasang 2 kartu SIM. Saat pertama kartu SIM di pasang di HP Xiaomi, kedua kartu SIM terbaca. Akan tetapi, setelah beberapa saat hanya 1 kartu SIM saja yang terbaca dan kartu SIM lainnya menghilang alias tidak terbaca. Masalah seperti ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan smartphone.

Pada HP Xiaomi dengan dual-SIM umumnya memang akan muncul semua nama provider kartu provider yang dipasang di dalamnya, baik itu SIM1 maupun SIM2. Dalam hal ini kita dapat mengatur fungsi dari SIM1 dan SIM2 tersebut. Misalnya saja menetapkan SIM1 satu untuk data seluler di HP Xiaomi. Akan menjadi masalah serius jika di HP Xiaomi yang terdeteksi hanya 1 kartu SIM saja, sementara kartu SIM lainnya tidak terbaca.

Penyebab Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi

Penyebab Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi
Penyebab Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi hanya terbaca 1 kartu SIM saja di HP Xiaomi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Hal ini penting untuk diketahui untuk memudahkan kita dalam melakukan perbaikan nantinya. Serta sebagai pencegahan agar masalah error kartu SIM di Xiaomi tidak terulang lagi.

Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab HP Xiaomi hanya 1 kartu SIM saja yang terbaca selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Sering Lepas-Pasang Kartu SIM: Terlalu sering mencopot dan memasang kartu SIM di Xiaomi memang dapat menyebabkan komponen di dalamnya bermasalah. Hal ini membuat slot kartu SIM di HP tidak dapat membaca kartu SIM yang dimasukkan di dalamnya.
  2. Menonaktifkan Fitur Dual SIM: Di HP Xiaomi terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan fitur Dual-SIM, sehingga yang digunakan hanya 1 slot kartu SIM saja.
  3. Bug atau Error pada Sistem Operasi Android: Bug biasa ditemukan di dalam sistem operasi Android dan dampak yang diberikan bermacam-macam. Salah satunya adalah berdampak pada fungsi kartu SIM di HP yang membuatnya hanya membaca 1 kartu SIM saja, semetara slot kartu SIM lain tidak muncul.
  4. Kerusakan pada IC RF Xiaomi: Ini merupakan komponen berbentuk chip yang dirancang khusus untuk mengolah sinyal-sinyal frekuensi tinggi. Karusakan pada chip tersebut akan membuat fungsi sinyal di HP bermasalah, termasuk hilangnya sinyal pada salah satu kartu SIM yang dipasang di HP.

Bisa jadi ada penyebab lainnya yang belum saya sebutkan di atas, namun secara umum beberapa faktor di atas yang menjadi penyebab utamanya.

Cara Mengatasi Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi

Cara Mengatasi Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi
Cara Mengatasi Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah kartu SIM hanya tersedia 1 SIM saja yang terbaca di HP Xiaomi. Kondisi seperti ini bukan hal yang wajar terjadi, karena saat pertama kali kedua kartu SIM dipasang semuanya muncul dan terbaca. Namun, setelah beberapa jam berlalu di HP hanya tersedia 1 kartu SIM saja dan kartu SIM satunya menghilang.

Adapun cara mengatasi hanya muncul 1 kartu SIM saja di HP Xiaomi semua tipe selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Semua Kartu SIM di HP Xiaomi

Seperti yang dijelaskan di atas, di HP Xiaomi terdapat fitur yang memungkinkan kita untuk menonaktifkan kartu SIM di dalamnya, sehingga HP akan hanya menggunakan 1 kartu SIM saja. Mungkin saja dalam hal ini kamu telah menonaktifkan salah satu kartu SIM di HP Xiaomi, sehingga membuatnya hanya mendeteksi 1 kartu SIM saja.

Untuk membuat HP memunculkan semua kartu SIM, baik SIM1 dan SIM2 maka perlu mengaktifkannya. Untuk langkah-langkah mengaktifkan kartu SIM di HP Xiaomi semua tipe tersebut, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP Xiaomi milikmu.
  • Kemudian masuk ke opsi Kartu SIM & Jaringan Seluler.
  • Sekarang kamu pilih opsi SIM1 atau SIM2 yang telah kamu nonaktifkan sebelumnya
  • Pada halaman Setelan Kartu SIM, kamu geser toogle yang terdapat di sebelah kanan opsi Aktifkan.
  • Selesai.

Biasanya beberapa saat kartu SIM yang dipasang di HP Xiaomi akan terdeteksi semua dan bisa kamu gunakan seperti biasa.

2. Perbarui MIUI ke Versi Baru

Menggunakan MIUI versi lama biasanya memang sering kali memunculkan masalah error di HP Xiaomi. Salah satunya adalah error pada fungsi slot kartu SIM di dalamnya, yang mana salah satu kartu SIM tidak terbaca, sementara kartu SIM lainnya terbaca.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu perlu melakukan upgrade versi MIUI di HP Xiaomi milikmu. Langkah-langkah update MIUI ke versi terbaru di HP Xiaomi selengkapnya, sebagai berikut:

  • Buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke opsi Tentang Ponsel atau Tentang Telepon.
  • Pembaruan Sistem atau Versi MIUI
  • Jika memang terdapat versi MIUI terbaru untuk perangkat HP Xiaomi milikmu, maka kamu pilih Pembaruan MIUI.
  • Selesai.

3. Ganti IC RF di HP Xiaomi

Jika yang menjadi kendalanya 2 kartu SIM awalnya terdeteksi semua di HP Xiaomi, namun kemudian salah satu kartu SIM hilang setelah beberapa jam, kemungkinan besar hal ini dikarenakan IC RF rusak. Untuk mengatasinya hanya satu cara, yakni mengganti IC RF Xiaomi tersebut.

Kamu bisa membeli IC RF Xiaomi secara online maupun offline, kemudian memasangnya di perangkat HP Xiaomi. Tentunya ini butuh keahlian khusus agar bisa melepas dan mengganti IC RF di HP Xiaomi yang tidak berfungsi tersebut. Atau jika tidak ingin repot, kamu bisa membaca HP ke Xiaomi Service Center atau tukang servis HP lokal.

Itulah tadi cara mengatasi hanya terbaca 1 kartu SIM saja di Xiaomi yang ampuh dan mudah bisa kalian terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Hanya Terbaca 1 Kartu SIM Saja di Xiaomi"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-