Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di HP Android

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain - Youtube merupakan salah satu platform nonton video yang paling populer saat ini. Bagaimana tidak? Di Youtube kita bisa menemukan berbagai video menarik untuk ditonton dan cocok untuk berbagai kalangan usia. Khususnya untuk video anak-anak, Youtube memberikan kategori khusus untuk ini. Begitu juga video khusus dewasa, ada kategori khusus yang disediakan.

Berbicara mengenai Youtube, ada kalanya pengguna ingin menonton video sambil menjalankan aplikasi di HP android. Beruntungnya sekarang pada beberapa merek dan tipe HP sudah disediakan fitur khusus untuk menunjang aktivitas ini. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menerapkan hal ini. Berikut cara buka Youtube sambil buka aplikasi di smartphone android bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di HP Android
 Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di HP Android

Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di HP Android

Untuk memutar video di Youtube sambil membuka aplikasi lain di HP android, setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan. Ketiga cara yang dimaksud yakni memanfaatkan fitur Split Layar, fitur Pop-up View dan juga menggunakan aplikasi tambahan. Adapun cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur Split Layar

Pada beberapa tipe dan merek HP sudah menyediakan fitur semacam ini. Ada yang diberi nama fitur Split Layar, Layar Belah, dan semacamnya yang pasti fungsinya hampir sama. Fitur ini memungkinkan kita menjalankan 2 aplikasi sekaligus di satu layar HP dengan layar dibagi menjadi 2 bagian. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni: 


•    Pertama Anda buka aplikasi Youtube di perangkat smartphone.
•    Cari video Youtube yang ingin ditonton, kemudian putar video tersebut.
•    Sekarang Anda klik tombol Recent App yang ada di pojok kiri bawah tampilan (sebelah kiri tombol Home). 

Menggunakan Fitur Split Layar
Gambar 1 Menggunakan Fitur Split Layar

•    Akan ditampilkan aplikasi yang baru saja dibuka, dalam hal ini aplikasi Youtube. Selanjutnya Anda klik ikon Tiga Titik yang ada di bagian atas lalu pilih Split Layar atau Layar Belah.

Menggunakan Fitur Split Layar
Gambar 2 Menggunakan Fitur Split Layar

•    Secara otomatis layar akan terbagi menjadi dua bagian, di mana tampilan Youtube akan ditaruh bagian atas. Sementara layar bagian bawah bisa Anda gunakan untuk membuka aplikasi lain.
•    Selesai.

2. Menggunakan Fitur Pop-up View

Hampir sama fungsinya dengan cara di atas, namun cara ini berebeda soal tampilannya. Video Youtube yang diputar nantinya akan ditampilkan dalam bentuk layar pop-up, di mana video akan tetap diputar meskipun Anda menjalankan aplikasi lain. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:


•    Pertama Anda buka aplikasi Youtube lalu close dengan cara menekan tombol Home.
•    Kemudian buka menu Pengaturan di HP dan masuk ke opsi Aplikasi.
•    Sekarang Anda cari aplikasi Youtube, lalu klik pada opsi Gambar-dalam-Gambar atau Picture-in-Picture / PIP. Kemudian aktifkan Izinnya dengan menggeser tombol slider yang tersedia.
•    Jika sudah, sekarang kembali ke layar utama HP dan buka aplikasi yang ingin Anda jalankan bersamaan dengan Youtube.
•    Klik tombol Recent App, lalu arahkan ke tampilan Youtube yang berjalan di latar belakang tadi. Kemudian klik logo Youtube dan pilih opsi Buka di Layar Pop-up.
•    Selesai.

Menggunakan Fitur Pop-up View
Menggunakan Fitur Pop-up View

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika di HP android Anda belum tersedia kedua fitur di atas, maka alternatifnya bisa dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan yakni bernama Awesome Pop-Up Video. Fungsi aplikasi satu ini hampir sama dengan fitur Layar Pop-up di atas.


Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup mengakses video Youtube dari aplikasi Awesome Pop-Up Video ini. Gunakan fitur Pop-up Video yang disediakan di dalamnya dan buka bersamaan dengan menjalankan aplikasi lain.
Itulah tadi cara buka Youtube sambil buka aplikasi lain di perangkat HP android yang mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Cara Buka Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di HP Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-