Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA

Cara Memperbaiki Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA
Cara Memperbaiki Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA

Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA - Gagal mengubah nada dering di WhatsApp bisa dialami oleh siapa saja, khususnya pengguna HP Xiaomi. Permasalahan seperti ini tentu akan mengganggu kenyamanan penguna dalam mengoperasikan HP androidnya. Penyebabnya pun bermacam-macam, yang pasti masalah error tidak bisa ubah nada dering di WhatsApp ini dapat diperbaiki dengan mudah. 

Meski begitu, tidak jarang pengguna yang tahu cara untuk mengatasi masalah error saat mengganti nada dering atau nada notifikasi di aplikasi WhatsAppnya tersebut. Untuk penggantian nada notifikasi dan nada dering WhatsApp di HP Xiaomi sebenarnya sama dengan HP lainnya. Hanya saja terkadang pengguna salah dalam melakukannya, sehingga nada dering gagal diganti. Untuk cara mengatasi nada dering error di WhatsApp Xiaomi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Nada Dering WhatsApp Tidak Bisa Diganti di Xiaomi

Sebelum lanjut sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan HP Xiaomi tidak bisa ganti nada dering WA atau WhatsApp. Hal ini sangat penting diketahui agar kita lebih mudah dalam melakukan pengatasian dan sekaligus juga pencegahan. 

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan gagal memasang nada dering di WhatsApp Xiaomi selengkapnya, sebagai berikut:

  1. File audio/ringtone/lagu yang ingin digunakan nada dering formatnya tidak cocok.
  2. File audio yang corrupt sehingga tidak bisa diputar bahkan digunakan sebagai nada dering WA.
  3. Aplikasi WhatsApp error, baik karena cache yang menumpuk atau data corrupt.
  4. Izin akses tidak diaktifkan di aplikasi WhatsApp.
  5. Aplikai WhatsApp tidak diperbarui ke versi terbaru, sehingga di dalamnya terdapat banyak bug.
  6. Error atau bug pada sistem android.
  7. Cara Memperbaiki Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA

Untuk mengatasi masalah error pada HP Xiaomi yang tidak bisa dapat mengubah nada dering WhatsApp, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara mengatasi Xiaomi tidak bisa ganti nada dering WA selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart atau Mulai Ulang HP Xiaomi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak dapat mengganti nada dering WhatsApp di Xiaomi bisa jadi karena adanya masalah error pada sistem android. Hal ini bisa diakibatkan oleh menumpuknya file cache di memori, bug, ataupun data corrupt.

Untuk mengatasinya, paling mudah dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cukup tekan tombol Power di HP Xiaomi selama beberapa saat, kemudian pilih Restart di layar HP. Jika sudah, selanjutnya kamu ulangi penggantian nada dering di aplikasi WhatsApp.

2. Cek File Audio yang Ingin Dijadikan Nada Dering

Permasalahan bukan hanya disebabkan oleh masalah error sistem android, melainkan juga bisa dari file audio yang ingin digunakan sebagai nada dering WA. Pertama kamu cek format dari file audio tersebut, disarankan file ini berformat .mp3. 

Selain itu, coba kamu putar file audio tersebut dengan pemutar bawaan atau aplikasi pemutar pihak ketiga yang kamu gunakan di Xiaomi. Jika ternyata file audio tersebut tidak bisa diputar, berarti benar file audio ini rusak atau corrupt. Solusinya kamu bisa mendownload ulang file audio tersebut, jangan lupa download dalam format mp3 saja.

3. Perbarui WhatsApp ke Versi Terbaru

Dalam hal ini mungkin kamu telah mematikan fitur Update Otomatis Aplikasi di Google Playstore. Sehingga ketika ada versi baru dari aplikasi yang terinstall di HP Xiaomi, aplikasi tersebut tidak akan diupdate secara otomatis. Padahal menggunakan aplikasi versi lama akan membuatnya sering mengalami error, karena banyak bug di dalamnya.

Hal serupa juga bisa terjadi pada aplikasi WhatsApp, salah satunya masalah error saat ingin mengganti nada dering atau nada notifikasinya. Untuk mengatasinya tentu kamu harus mengupdate aplikasi WhatsApp tersebut melalui Google Playstore. Untuk cara melakukannya, yakni:

  • Buka aplikasi Google Playstore di perangkat HP Xiaomi. 
  • Kemudian ketik “whatsapp” di kolom Pencarian yang ada di atas tampilan dan Cari
  • Pada hasil pencarian, kamu klik pada aplikasi WhatsApp.
  • Jika memang tersedia versi aplikasi baru, kamu klik tombol Update atau Perbarui yang ada halaman tersebut. 
  • Tunggu hingga proses update aplikasi WhatsApp selesai. 

4. Aktifkan Izin Akses pada Aplikasi WhatsApp

Tidak dapat mengubah nada dering WhatsApp di Xioami juga bisa disebabkan oleh izin akses yang tidak diaktifkan. Misalnya saja izin akses pada Penyimpanan, di mana jika izin ini tidak diaktifkan maka WhatsApp tidak bisa mengakses file audio yang tersimpan di memori internal. 

Untuk cara mengaktifkan atau memberikan izin akses pada aplikasi WhatsApp di Xiaomi tersebut, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP Xiaomi. 
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  • Lanjut dengan klik Kelola APL.
  • Di sana akan ditampilkan daftar aplikasi yang telah diinstall di HP Xiaomi tersebut. Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Lalu masuk ke opsi Izin, kemudian aktifkan semua izin akses yang diperlukan. Mulai dan izin akses Penyimpanan, Kontak, Kamera, Lokasi, hingga Mikrofon.
  • Jika sudah, sekarang kamu bisa coba ulang mengganti nada dering WhatsApp.

5. Hapus File Cache dan Data Aplikasi WhatsApp

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi nada dering tidak bisa diganti di WhatsApp pada HP Xioami yakni dengan melakukan penghapusan cache atau file sampah. File cache aplikasi ini sendiri akan tersimpan secara otomatis dan tidak akan dihapus jika pengguna tidak menghapusnya secara manual. File cache aplikasi yang menumpuk dalam waktu lama memang tidak jarang menyebabkan error, termasuk pada WhatsApp.

Untuk menghapus file cache di aplikasi WhatsApp tersebut, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP Xiaomi. 
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi Terinstall
  • Selanjutnya klik opsi Kelola APL
  • Sekarang kamu cari aplikasi WhatsApp yang ada di daftar aplikasi.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik Hapus Cache.

Sekarang kamu coba lakukan penggantian nada dering di WhatsApp. Apakah sudah bisa? Jika masih gagal, maka kamu bisa lanjutkan dengan menghapus data aplikasi. Untuk cara melakukannya, yakni:

  • Buka menu Setelan di HP Xiaomi. 
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi Terinstall dan klik Kelola Aplikasi.
  • Cari dan pilih Aplikasi WhatsApp
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.

Catatan:
Selain dengan cara hapus cache dan data aplikasi WhatsApp, alternatif lainnya kamu bisa melakukan Uninstall atau Hapus aplikasi WhatsApp di Xiaomi. Jika sudah, selanjutnya kamu lakukan penginstalan ulang pada aplikasi WhatsApp.

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki HP Xiaomi tidak bisa ganti nada dering WA yang mudah beserta penyebabnya. Jangan lupa bagikan aritkel yang ada di situs TrenAndroid.com ini ke akun media sosial pribadimu.


Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Xiaomi Tidak Bisa Ganti Nada Dering WA"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-