Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Connect Wifi
 Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Connect Wifi

VIVO Tidak Bisa Connect Wifi - Menyambungkan HP ke jaringan wifi menjadi pilihan banyak pengguna dengan alasan koneksi wifi lebih cepat dibandingkan jaringan seluler. Namun, terkadang ada saja masalah yang membuat HP tidak bisa tersambung ke jaringan wifi tersebut. Kondisi seperti ini bisa terjadi pada tipe dan merek HP apa saja, termasuk di HP VIVO semua tipe. 

HP VIVO yang tidak bisa konek wifi bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari karena error pada sistem android atau router/modem yang bermasalah. Yang pasti kamu harus mengetahui apa penyebab dan cara untuk mengatasinya tersebut. Mengenai penyebab dan cara mengatasi HP VIVO tidak bisa terhubung ke wifi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Penyebab HP VIVO Tidak Bisa Connect Wifi

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki permasalahan VIVO tidak tersambung ke jaringan wifi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar kita lebih mudah dalam melakukan perbaikan dan sekaligus juga pencegahan. 

Adapun penyebab smartphone VIVO tidak bisa terkoneksi ke jaringan wifi selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Terlalu banyak file cache yang disimpan. File cache umumnya disimpan di memori internal, dan jika dibiarkan menumpuk biasanya akan berdampak pada performa kinerja HP. Termasuk saat HP ingin dihubungkan ke wifi, justru hal tersebut tidak bisa dilakukan.
  2. Erro atau bug pada sistem android. Bug pada sistem android memang tidak jarang terjadi, dan hal ini bisa diakibatkan banyak hal. Dan dampaknya bisa berpengaruh terhadap fungsi HP, salah satunya tidak bisa mengakses internet karen HP VIVO tidak bisa terhubung ke wifi.
  3. Fitur Wifi yang error. Bisa jadi karena ada masalah data corrupt di aplikasi sistem HP VIVO, khususnya aplikasi Wi-Fi. Hal ini sering dialami pada HP VIVO semua tipe, baik VIVO keluaran lama maupun yang baru.
  4. Pembatasan perangkat oleh router wifi atau modem. Beberapa jenis router memiliki fitur untuk membatasi jumlah perangkat yang boleh terhubung ke dalam jaringannya. Bisa jadi saat ini jumlah perangkat yang terhubung sudah mencapai batas dan HP baru yang ingin dihubungkan tentu tidak bisa tersambung. Bisa juga karena fitur keamanan dari router yang membuat HP VIVO milikmu dikenai pembatasan.
  5. Versi OS Android yang tidak diupdate. VIVO selalu rutin memberikan pembaruan sistem untuk setiap perangkat smartphonenya. Karena itulah, jika ada pemberitahuan adanya versi OS Android terbaru yang tersedia, sebaiknya langsung lakukan update atau pembaruan. Jika tidak, tentu masalah error akan dialami pada HP, termasuk tidak bisa terhubung ke wifi.
  6. Router wifi error. Masalah error tidak hanya bisa terjadi pada HP VIVO, melainkan juga pada modem atau router wifi. Baik itu karena pengaturan yang salah, terdapat error pada jaringannya atau permasalahan lainnya. 
  7. Password yang sudah diganti. Penyebab lainnya yang membuat HP VIVO tidak bisa terhubung ke wifi yakni karena password atau kata sandi wifi sudah diganti.

Cara Memperbaiki Smartphone VIVO Tidak Bisa Connect Wifi

Mengetahui beberapa penyebab di atas tentunya membuat kita lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Adapun beberapa cara mengatasi HP VIVO tidak bisa konek wifi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hubungkan dan Putuskan Wifi di HP VIVO

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP VIVO tidak dapat tersambung ke jaringan wifi yakni dengan melakukan putus-sambung jaringan wifi. Caranya dengan usap layar HP VIVO dari atas ke bawah, kemudian ketuk ikon Wi-Fi untuk memutus sambungan. Lalu ketuk sekali lagi untuk menyambungkan HP ke jaringan wifi. Lakukan cara ini secara berulang-ulang hingga HP dapat terhubung ke wifi.

Jika masih tidak bisa, cobalah untuk mengaktifkan fitur Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP VIVO. Caranya usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel, lalu ketuk ikon Mode Pesawat. Tunggu beberapa saat, kemudian Anda ketuk lagi untuk mematikan mode tersebut. Sekarang coba aktifkan lagi fitur Wifi di HP VIVO tersebut.

2. Lakukan Restart atau Mulai Ulang HP VIVO

Cara lainnya yakni dengan merestart HP VIVO, di mana cara ini memang diklaim ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error ringan pada sistem android. Termasuk juga bisa mengatasi HP VIVO yang tidak connect wifi. 

Cukup tekan dan tahan tombol Power / Daya di HP VIVO, kemudian pilih Restart atau Mulai ulang yang ada di layar. Cara ini akan menghapus semua file cache yang menumpuk di RAM, juga akan membuat performa kinerja HP menjadi lebih cepat. 

3. Atur Ulang Password Wifi di HP VIVO

HP VIVO yang tidak bisa tersambung ke jaringan wifi, bisa jadi karena password yang digunakan salah atau sudah diganti sebelumnya. Untuk solusi permasalahan seperti ini, kamu bisa menyambungkan ulang HP VIVO ke jaringan wifi menggunakan password yang baru.

Caranya dengan usap layar dari atas ke bawah, lalu tekan dan tahan pada ikon Wi-Fi. Kamu klik pada jaringan wifi yang terdeteksi dan terhubung dengan password lama, kemudian pilih Lupa. Sekarang matikan dan hidupkan lagi fitur Wifi di VIVO, lalu sambungkan ke jaringan wifi tadi. Masukkan password baru dan Sambungkan, maka HP akan langsung terhubung ke jaringan wifi tersebut.

4. Perbarui Versi OS Android di HP VIVO

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menggunakan OS Android versi lama akan ada banyak bug dan error yang ditemukan. Untuk itu, segera lakukan pembaruan sistem di HP VIVO jika tersedia OS Android versi terbaru yang dihadirkan.

Sebaiknya kamu lakukan pengecekan apakah ada versi OS Android baru yang tersedia atau tidak. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke opsi Pembaruan Sistem.
  • Di sana kamu akan melihat apakah memang ada pembaruan sistem yang tersedia atau tidak. 
  • Jika memang ada, segera lakukan pengunduhan OS Android versi terbaru.
  • Kemudian lakukan pemasangan atau penginstalan pada pembaruan sistem tersebut.

5. Restart atau Reset Router Wifi

Terkadang router wifi juga mengalami masalah error sehingga perlu dilakukan restart. Caranya cukup dengan menekan tombol Power On/Off untuk mematikan router atau modem wifi. Tunggu beberapa saat, lalu kamu hidupkan lagi router dengan menekan tombol yang sama. Sekarang kamu bisa mencoba menyambungkan lagi HP VIVO ke jaringan wifi tersebut.

Jika masih belum bisa, maka trik lainnya kamu bisa melakukan reset pengaturan pada router. Bisa jadi hal ini dikarenakan adanya error pada pengaturan router atau membatasi perangkat tertentu. Untuk melakukannya, yakni:

  • Siapkan tusuk gigi atau benda runcing sejenis lainnya. 
  • Pastikan router wifi dalam keadaan hidup atau menyala. 
  • Sekarang kamu masukkan tusuk gigi tadi pada lubang reset di router. Biasanya letaknya berada di sebelah tombol Power On/Off dan terdapat tulisan RESET
  • Pastikan menekan pada lubang tersebut hingga lampu indikator router berkedip yang menandakan proses reset sedang berlangsung, kemudian keluarkan tusuk gigi.
  • Tunggu beberapa saat sampai router berhasil direset. Sekarang kamu bisa menyambungkan HP ke router dengan menggunakan password default.

6. Hapus Data pada Aplikasi Sistem (Wi-Fi)

HP VIVO dibekali dengan aplikasi sistem khusus yang bertugas untuk mengelola jaringan wifi yang ada di dalamnya. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi sistem ini juga bisa mengalami error sehingga tidak bisa berfungsi normal. Cara untuk memperbaikinya dengan menghapus data yang tersimpan. 

  • Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan di VIVO.
  • Kemudian klik pada opsi Pengaturan Lainnya.
  • Lalu pilih Manajer Aplikasi
  • Selanjutnya klik opsi Lainnya yang ada pojok kanan atas tampilan, lalu pilih Tampilkan Proses Sistem.
  • Cari dan pilih aplikasi Wi-Fi
  • Kemudian pilih opsi Penyimpanan, dan klik pada tombol Hapus Cache. Dilanjutkan dengan klik tombol Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.

Setelah berhasil dihapus datanya, sekarang Anda lakukan restart HP VIVO terlebih dahulu. Jika sudah menyala kembali, sekarang hubungkan HP tersebut ke jaringan wifi seperti biasa.

7. Lakukan Reset Pengaturan di HP VIVO

VIVO yang tidak bisa disambungkan ke jaringan wifi bisa disebabkan oleh kesalahan pada pengaturan sistem di HP VIVO. Hal ini bisa saja kamu lakukan secara sengaja atau tidak, yang pasti hal ini akan mengganggu kinerja dan fungsi dari HP. 

Untuk mengatasinya kamu melakukan pengaturan ulang sistem pada HP VIVO ke pengaturan default. Untuk cara melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Lainnya
  • Lanjutkan dengan pilih Cadangkan dan Reset.
  • Lalu pilih opsi Reset Semua Pengaturan atau Pulihkan Semua Pengaturan.

Catatan:
Cara ini berbeda dengan Factory Reset atau Reset Data Pabrik, di mana melakukannya tidak akan menghapus data apa pun yang tersimpan di memori internal HP VIVO.

Itulah tadi cara memperbaiki HP VIVO tidak bisa connect wifi beserta penyebabnya yang harus kamu tahu. Jangan lupa bagikan informasi di situs TrenAndroid.com ini ke akun media sosial pribadimu. 


Posting Komentar untuk " Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Connect Wifi"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-