Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Layar HP Berbayang dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Layar HP Berbayang dan Penyebabnya
Cara Memperbaiki Layar HP Berbayang dan Penyebabnya

Memperbaiki Layar HP Berbayang - Cara mengatasi layar HP berbayang dicari oleh banyak orang di internet. Tidak lain karena masalah adanya bayangan yang muncul di layar HP ini memang sering dialami pada HP android keluaran baru khususnya. Penyebabnya pun bermacam-macam, yang pasti ini berhubungan dengan komponen hardware HP, bukan sistem perangkat lunaknya.

Sebaiknya kamu ketahui apa saja yang menjadi penyebabnya tersebut agar lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Selain itu, hal ini juga akan membantu kamu untuk melakukan pencegahan pada HP agar tidak mengalami kerusakan layar LCD yang sama. Adapun cara memperbaiki layar LCD HP berbayang selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini. 

Penyebab Layar HP Tampak Berbayang

Sebelum lanjut di sini saya akan membahas terlebih dahulu faktor yang menyebabkan layar HP tampak berbayang. Adapun beberapa penyebabnya tersebut, di antaranya:

1. Defect

Bagi kamu yang belum tahu, defect bisa dikatakan juga sebagai kerusakan komponen HP yang secara langsung dari pabrikan. Jadi, kerusakan tersebut sudah ada bahkan sebelum pengguna membelinya. 

Mengenai defect ini sendiri menyebabkan kerusakan pada pixel HP, khususnya yang bertugas memancarkan cahaya biru. Masalah ini membuat layar tidak bisa memancarkan warna dan cahaya sebagai mana mestinya, sehingga membuatnya tampak berbayang. B

iasanya saat kamu membuka aplikasi dan menutupnya, di layar masih tampak ada bayangan dari aplikasi yang telah dikeluarkan tersebut. Terkadang juga ada bayangan hitam pada layar HP yang tentunya sangat mengganggu kenyamanan mata.

2. Kesalahan Pemasangan LCD

Selain karena defect, penyebab lain munculnya bayangan di layar HP yakni dikarenakan pemasangan LCD yang kurang tepat. Baik posisi LCD yang tidak pas pada dudukannya, socket LCD yang kendor, atau yang lain sebagainya. Hal ini tidak hanya menyebabkan layar berbayang, lebih lanjut akan membuat layar mati dan tidak bisa menampilkan gambar apa pun.

3. Socket LCD Kotor

Bisa juga munculnya bayangan di layar HP ini disebabkan karena adanya kotoran yang menempel pada socket LCD atau portnya. Hal ini menyebabkan alirannya tidak stabil sehingga berdampak pada tampilan layar, salah satunya yakni layar berbayang.

4. Socket LCD yang Putus

Socket yang tidak terpasang sempurna saja dapat berdampak buruk pada tampilan layar HP. Apalagi jika sampai socketnya terputus, tentu lebih besar lagi dampaknya. Kondisi seperti ini juga dapat menyebabkan layar LCD HP tampak ada bayangan yang muncul.

5. Kerusakan pada LCD HP

Dan penyebab yang terakhir yakni adanya masalah kerusakan pada komponen layar LCD HP. Tidak hanya pada bagian pixelnya, bisa juga pada komponen pendukung lain yang menjadi penyusun layar LCD HP.

Cara Memperbaiki Layar HP Berbayang yang Ampuh

Layar HP android yang tampak berbayang umumnya memang dikarenakan adanya kerusakan pada pixelnya. Pixel ini yang menjadi inti dari layar untuk menampilkan gambar dan cahaya sehingga dapat dilihat oleh pengguna. Untuk memperbaikinya pun bisa dibilang sangat mudah, bahkan bagi kamu yang masih awam. 

Adapun cara memperbaiki layar HP berbayang yang mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Fitur Filter Cahaya Biru

Karena munculnya bayangan di layar diakibatkan oleh kerusakan pada pixel pemancar sinar biru, maka dengan meminimalkan penggunaan pixel tersebut akan membantu menghilangkan bayangan di layar HP. Pada beberapa HP keluaran baru biasanya sudah disematkan fitur satu ini. 

Misalnya saja pada HP Samsung, di bagian Quick Button (usap layar dari atas ke bawah) terdapat fitur bernama Perisai Nyaman Mata. Anda tinggal klik pada fitur tersebut untuk meminimalkan penggunaan cahaya biru. Dengan demikian masalah layar berbayang akan teratasi dengannya. 

Catatan: Meski dapat mengatasi layar HP berbayang, namun dampaknya tampilan layar akan bernuansa kuning atau lebih buram. Fitur ini cocoknya digunakan di malam hari agar pengguna lebih mudah terlelap.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun tidak ada hubungannya dengan sistem software HP, namun masalah ini ternyata juga bisa diatasi dengan penggunaan aplikasi tambahan. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama Filter Cahaya Biru. Aplikasi ini sendiri bisa didownload langsung melalui Google Playstore. 

  • Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Filter Cahaya Biru
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut. 
  • Pada aplikasi kamu bisa mengatur penggunaan cahaya biru pada HP. Atur tingkat cahaya birunya lebih rendah dari normalnya. 
  • Selesai.

Sama seperti cara di atas, dampak dari penggunaan aplikasi ini akan membuat tampilan layar HP menjadi terlihat kuning.

3. Bongkar LCD HP dan Lakukan Perbaikan

Jika menurutmu cara di atas kurang efektif untuk mengatasi masalah layar berbayang, maka cara yang ketiga ini bisa diterapkan. Namun, cara ini tidak disarankan jika HP-mu masih memiliki garansi. Sebaiknya lakukan klaim garansi untuk mendapatkan perbaikan layar berbayang pada HP secara gratis.

Namun, jika masa garansi HP sudah tidak berlaku, maka kamu bisa lanjut melakukan perbaikan dengan cara ini. 

  1. Langkah pertama Anda buka casing belakang HP yang bermasalah pada layarnya tersebut. 
  2. Kemudian buka semua sekrup yang ada pada HP. 
  3. Selanjutnya lepaskan semua komponen yang menutup layar LCD HP.
  4. Pada socket LCD, Anda lepas secara perlahan. 
  5. Kemudian lakukan pembersihan pada socket tersebut untuk menghindari socket kotor.
  6. Kemudian sambungkan kembali socket LCD ke motherboard HP dengan benar. Pastikan sudah terpasang dengan sempurna, jika memang butuh solder kamu gunakan dengan hati-hati dalam penyambungannya. 
  7. Selesai.

4. Mengganti LCD HP

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah layar berbayang, maka solusi terakhir yakni dengan mengganti LCD HP. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, layar HP berbayar biasanya disebabkan karena adanya kerusakan langsung dari pabrikan. Sehingga tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain mengganti LCD dengan yang baru. 

Kamu bisa membeli LCD HP yang original sesuai dengan tipe HP yang mengalami kerusakan layar tersebut. Jika memang HP masih punya garansi, kamu klaim saja garansi HP tersebut. 

Itulah tadi beberapa cara memperbaiki layar HP berbayang dan penyebabnya yang wajib kamu tahu. Agar saya lebih semangat lagi membuat konten artikel, kamu bagikan informasi di situs TrenAndroid.com ini ke akun media sosial pribadimu.


Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Layar HP Berbayang dan Penyebabnya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-