Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Mau Nyala dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Mau Nyala dan Penyebabnya
 Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Mau Nyala dan Penyebabnya

HP VIVO Tidak Mau Nyala - Masalah error pada HP VIVO yang tidak bisa dinyalakan seperti ini memang tidak jarang dialami oleh pengguna. Baik itu pada HP VIVO keluaran lama ataupun keluaran baru, semuanya bisa saja mengalami masalah seperti ini. penyebab dari HP VIVO uanh tidak dapat dihidupkan ini juga bermacam-macam, baik itu dari kesalahan pengguna, kerusakan komponen hardware maupun juga kerusakan software atau sistem android. 

Saat HP VIVO tidak mau menyala seperti ini, kebanyakan dari pengguna akan langsun panik. Bahkan tidak jarang dari mereka menganggap HP VIVO miliknya tidak sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Padahal, tidak sulit lho cara mengatasi HP VIVO tidak bisa nyala tersebut dan kamu bisa melakukannya sendiri. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab HP Android VIVO Tidak Mau Hidup / Menyala

Sebelum lanjut ke cara untuk memperbaiknya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebab utama permasalahan VIVO tidak mau dihidupkan tersebut. Mengetahui penyebabnya ini akan mempermudah kamu untuk melakukan perbaikan, serta untuk memberikan pencegahan agar masalah yang sama tidak dialami lagi. 

Adapun beebrapa penyebab HP VIVO mati dan tidak mau menyala lagi selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Kehabisan Daya Baterai. Daya baterai pada HP VIVO yang sudah habis bahkan mencapai 0%, tentu saja HP tersebut tidak dapat dinyalakan lagi. Bahkan saat dicharger sekalipun, HP biasanya tidak mau menyala. 
  2. Charger Rusak. Baik itu bagian adaptor atau kabel charger, bisa saja mengalami kerusakan sehingga tidak dapat mengalirkan daya listrik ke baterai HP. Pada kondisi ini HP tidak bisa diisi daya sehingga membuatnya mati karena kehabisan baterai. Mengecas HP tentunya akan percuma karena daya listrik tidak bisa dialirkan. 
  3. Baterai HP Rusak. Selain charger, komponen baterai HP VIVO juga rawan mengalami kerusakan. Baik itu baterai kembung, baterai bocor, atau masalah kerusakan lainnya. Pada kondisi ini baterai tidak bisa menyimpan daya bahkan meskipun dicas dalam waktu yang lama. Kondisi ini tentunya akan membuat HP VIVO tidak dapat dinyalakan. 
  4. Suhu Panas yang Terlalu Tinggi pada HP. Mengoperasikan HP dalam waktu lama bahkan sambil dicas, hal ini dapat menimbulkan suhu panas pada HP meningkat drastis. Jika sudah mencapai batasnya, HP akan mengalami overhead dan hang. Pada kondisi lain HP akan mati dengan sendirinya dan tidak dapat dinyalakan lagi. 
  5. HP VIVO Bootloop. Pada kondisi ini HP masih bisa dinyalakan, namun hanya berhenti atau mentok di logo VIVO saja. Kondisi seperti ini dikatakan HP tidak dapat dinyalakan oleh beberapa pengguna.
  6. Adanya Error atau Bug pada Sistem Android. Permasalahan pada software atau sistem android memang sering membuat HP mengalami error, termasuk HP yang tidak mau dihidupkan seperti ini.

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Mau Nyala

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki HP VIVO yang tidak mau menyala. Seperti yang dijelaskan di atas, cara mengatasi permasalahan satu ini sangat mudah dilakukan bahkan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa HP ke service center. 

Adapun cara memperbaiki VIVO tidak mau nyala yang paling mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cas HP VIVO dan Biarkan

Cara satu ini bisa dilakukan jika yang menjadi penyebab HP VIVO mati dan tidak bisa nyala yakni karena kehabisan baterai. Daya baterai HP VIVO yang mencapai 0% biasanya memang tidak bisa dinyalakan. Kalaupun dicharging biasanya juga HP tidak langsung menyala, bahkan tidak muncul animasi pengisian daya. 

Tidak perlu khawatir karena ini hal yang wajah. Kamu hanya perlu mengecas HP selama beberapa saat dan biarkan HP terisi daya. Sekitar 5 hingga 10 menit HP VIVO dicas, biasanya akan muncul lagi animasi pengisian daya.

2. Taruh HP dan Lepaskan Komponen Ekternalnya

HP VIVO yang mengalami overhead (suhu panas sangat tingg) tidak hanya membuatnya hang atau stuck. Akan tetapi juga mengakibatkan layar HP mati dan tidak bisa dinyalakan. Pada kondisi ini kamu bisa mengistirahatkan HP selama beberapa saat. 

Sebelumnya kamu perlu mematikan HP secara paksa (meskipun layar mati, biasanya mesin HP masih nyala). Caranya dengan dengan tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Untuk HP VIVO dengan rasio layay 16:9 (versi lama) caranya dengan tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik hingga HP benar-benar mati.

Jika sudah mati, kamu lepaskan komponen eksternal pada HP VIVO seperti, baterai (removable type), SIM card, dan juga SD Card. Diamkan HP selama kurang lebih 30 menit atau lebih lama.

3. Ganti Charger HP VIVO

HP VIVO tidak bisa nyala bisa diakibatkan karena penggunaan charger non-original atau juga charger rusak. Kamu mengira HP VIVO terisi daya, padahal charger sama sekali tidak megalirkan daya listrik ke HP. Hal ini membuat HP terus berkurang dayanya, lalu kemudian mati karena kehabisan daya.

Cobalah untuk mengganti charger HP VIVO dengan charger lain, pastinya charger asli atau ori seperti charger bawaannya. Lakukan charging HP VIVO setidaknya selama 30 menit atau maksimal 2.5 jam hingga baterai penuh. 

4. Ganti Baterai HP VIVO

Jika kamu menemukan ciri-ciri baterai HP rusak, seperti baterai mengembung, daya baterai cepat sekali habis, HP langsung mati padahal baterai masih penuh, dan yang lain sebagainya. Kondisi ini akan membuat HP tidak bisa digunakan dengan maksimal. Bahkan kondisi terparahnya, HP tidak bisa dinyalakan karena baterai yang sudah rusak. 

Solusi terbaiknya tidak lain yakni dengan menggantinya dengan baterai VIVO baru. Pastikan kamu membeli baterai original yang sesuai dengan tipe HP VIVO yang baterainya rusak tersebut.

5. Reset HP VIVO ke Pengaturan Pabrik

Untuk cara satu ini bisa dilakukan jika HP VIVO yang tidak bisa dinyalakan masih menampilkan animasi pengisian daya saat dicas. Atau juga HP VIVO yang stuck di logo alias bootloop juga bisa diatasi dengan cara ini.

Untuk langkah-langkah melakukan factory reset pada VIVO semua tipe tersebut, yakni:

  • Pastikan HP dalam keadaan mati. Jika HP VIVO masih dalam mode Fastboot atau mentok di logo, maka matikan secara paksa dengan menekan tombol Power selama beberapa detik (tombol Power + Volume Bawah). 
  • Setelah itu, hidupkan lagi dengan menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik. 
  • Akan ditampilkan Mode Fastboot, selanjutnya kamu pilih Recovery Mode
  • Kemudian pilih Wipe Data & Factory Reset, lalu pilih Wipe Data
  • Konfirmasi sekali lagi dengan pilih Wipe Data dan tunggu prosesnya hingga selesai. 
  • Pilih Reboot System dan tunggu hingga HP VIVO menyala seperti biasa. 

6. Flashing HP VIVO

Dan cara yang terakhir yakni dengan melakukan flashing HP VIVO. Cara ini bisa kamu lakukan dengan masuk ke menu Update Firmware di HP VIVO jika memang masih bisa dinyalakan. 

Sementara jika HP VIVO tersebut tidak dapat dinyalakan sama sekali, maka bisa menggunakan PC atau laptop sebagai alat bantunya. Untuk cara pemasangan firmware (flashing) VIVO bisa kamu baca di artikel ini.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP VIVO tidak mau nyala beserta penyebabnya yang harus kamu tahu. Jangan lupa untuk membagikan postingan artikel di situs TrenAndroid.com ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain. 


Posting Komentar untuk " Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Mau Nyala dan Penyebabnya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-