Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Screenshot dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Screenshot dan Penyebabnya
 Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Screenshot dan Penyebabnya

HP VIVO Tidak Bisa Screenshot - Tidak bisa melakukan tangkapan layar atau screen capture di HP VIVO, masalah seperti ini tidak jarang dialami oleh pengguna. Penyebab tidak bisa melakukan screenshot tersebut pun bermacam-macam, baik karena error pada sistem android atau hal lainnya. Yang pasti masalah error seperti ini akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna. 

HP VIVO yang tidak dapat menangkap gambar layar sendiri bisa terjadi pada semua tipe HP VIVO, baik itu HP keluaran lama maupun keluaran baru. Bagi kamu pengguna awam mungkin akan langsung panik ketika mendapati HP yang tidak bisa screenshot ini. Mengenai penyebab dan cara mengatasi HP VIVO tidak bisa screenshot selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab HP VIVO Tidak Bisa Melakukan Tangkapan Layar / Screenshot

Sebelum lanjut sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan smartphone VIVO tidak bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar. Beberapa penyebab tersebut, antara lain:

  1. Adanya error atau bug pada sistem android. Biasanya hal ini juga berdampak pada performa dan fitur dari VIVO lainnya.
  2. HP mengalami hang alias macet, sehingga tidak dapat mengambil gambar layar. 
  3. Ruang memori internal yang sudah penuh, di mana penyimpanan tersebut sudah tidak bisa lagi menyimpan file baru, termasuk file hasil screenshot.
  4. Adanya pembatasan aplikasi antarmuka yang menolak fungsi screenshot atau pengambilan gambar layar. Hal ini berkenaan dengan kebijakan keamanan dari aplikasi ataupun sistem di HP VIVO. 
  5. Ruang RAM yang penuh dan HP VIVO tidak dapat memproses permintaan pengguna untuk melakukan screenshot.
  6. Aplikasi screenshot yang mengalami error atau corrupt.
  7. Izin aplikasi pada aplikasi screenshot yang belum diaktifkan, sehingga tidak dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar.

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Screenshot

Setelah mengetahui beberapa penyebab tidak bisa screenshot di HP VIVO semua tipe, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perbaikan pada HP VIVO yang tidak bisa melakukan screen capture, di antaranya:

1. Restart HP VIVO

HP VIVO yang tidak dapat digunakan untuk screenshot bisa jadi karena masalah error sistem. Kamu bisa melakukan Restart atau Mulai Ulang untuk mengatasi masalah error tersebut. 

Cara ini juga akan menghapus file cache yang menumpuk dan tersimpan sementara di RAM, di mana menumpuknya file sampah tersebut juga menjadi penyebab HP error. Termasuk error tidak bisa melakukan screenshot.

2. Mematikan HP VIVO Secara Paksa

Jika masalah tidak bisa screenshot di HP VIVO dikarenakan HP yang macet atau hang, maka cara satu ini bisa dijadikan solusi. Kamu bisa mematikan HP VIVO tersebut secara paksa, kemudian mendiamkannya sejenak. Lalu hidupkan kembali HP seperti biasa, dan kamu bisa menggunakannya lagi untuk screenshot. 

Untuk HP VIVO dengan dukungan baterai bisa dilepas, untuk mematikan dayanya secara paksa bisa dengan melepas baterainya tersebut. Sementara untuk HP VIVO dengan baterai tanam, mematikan daya secara paksa bisa dengan menekan dan tahan tombol Power (tombol Power + Volume Bawah) beberapa detik hingga HP mati dengan sendirinya.

3. Memindahkan atau Hapus File di Memori Internal

Ruang memori internal HP yang penuh, sudah pasti perangkat tersebut tidak dapat menyimpan file baru di dalamnya. Untuk itu, kamu perlu memindahkan file yang tersimpan di dalamnya ke memori eksternal atau penyimpanan lain. 

Atau jika memang menemukan banyak file yang tidak penting di dalamnya, alangkah baiknya kamu hapus saja file tersebut. Namun perlu berhati-hati, jangan sampai Anda menghapus file sistem di HP VIVO. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan HP menjadi error.

4. Menggunakan HP Lain untuk Memotret

Sementara jika yang menjadi permasalahan adalah HP VIVO tidak bisa screenshot karena alasan keamanan atau pembatasan aplikasi / sistem, maka cara ini bisa dijadikan solusi terbaik. Beberapa aplikasi yang memuat data sensitive memang menerapkan kebijakan keamanan yang lebih ketat, misalnya saja aplikasi perbankan, aplikasi data diri dan lain sebagainya. 

Untuk bisa menyimpan informasi di dalam aplikasi dalam bentuk gambar, kamu bisa memotret menggunakan HP lain. Pada beberapa kasus screenshot masih bisa dilakukan, namun ketika gambar dishare ke HP lain justru tidak bisa dibuka dan tidak muncul gambar apa pun.

Selain itu, jika permasalahannya karena alasan pembatasan dari sistem VIVO untuk melakukan screenshot, solusi terbaiknya yakni dengan menggunakan aplikasi screenshot. Kamu bisa mengunduh aplikasi screenshot di Google Playstore secara gratis.

5. Hapus Cache dan Data Aplikasi Screenshot

Untuk trik berikutnya ini berlaku jika kamu menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga, dan dalam hal ini aplikasi tersebut tidak berfungsi secara normal. Aplikasi tidak dapat melakukan screenshot sama sekali dan tidak diketahui alasannya. 

Biasanya masalah error seperti ini dikarenakan file cache aplikasi yang menumpuk atau juga terdapat file data yang corrupt pada aplikasi tersebut. Untuk memperbaikinya kamu bisa melakukan penghapusan cache dan data dari aplikasi ini. 

  • Buka menu Pengaturan di HP VIVO. 
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Lainnya
  • Lanjutkan dengan pilih Semua, lalu cari dan pilih aplikasi Screenshot yang mengalami error.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lalu klik pada opsi Hapus Cache. Lanjutkan dengan klik Hapus Data dan konfirmasi dengan pilih Ya.
  • Sekarang lakukan restar HP dan coba gunakan lagi aplikasi tersebut untuk mengambil tangkapan layar.

6. Aktifkan Izin Akses pada Aplikasi Screenshot

Ketika baru pertama kali menginstall aplikasi screenshot dan menjalankannya, biasanya aplikasi meminta izin akses pada sistem android. Mulai dari izin akses Penyimpanan, Kamera, dan lain sebagainya. Mungkin secara tidak sengaja Anda menolak permintaan izin akses tersebut. 

Permintaan izin akses yang tidak disetujui akan membuat aplikasi tidak bisa berfungsi secara optimal, termasuk dalam hal mengambil screenshot. Sebaiknya Anda aktifkan semua izin akses untuk aplikasi tersebut. 

  • Buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Masuk ke Pengaturan Lainnya
  • Lalu pilih Aplikasi dan klik Semua
  • Cari dan pilih aplikasi Screenshot.
  • Kemudian masuk ke opsi Izin
  • Sekarang kamu aktifkan semua izin akses untuk aplikasi tersebut.

7. Mengembalikan HP ke Pengaturan Awal Pabrik

Jika yang menjadi permasalahan utama adalah karena adanya error atau bug pada sistem android, maka cara ini bisa menjadi solusi terakhir. Kamu bisa melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Semua data dan pengaturan di dalamnya akan dihapus dan HP akan kembali seperti baru lagi. 

  • Untuk melakukan reset HP VIVO bisa dengan membuat menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Lainnya
  • Pilih opsi Cadangkan dan Reset.
  • Lalu klik pada opsi Hapus Semua Data.
  • Beri tanda centang pada bagian Format Penyimpanan Telepon, lalu konfirmasi dengan klik Hapus Sekarang.
  • Tunggu hingga proses reset HP VIVO selesai. 

Mudah bukan cara memperbaiki HP VIVO tidak bisa screenshot di atas? Ketahui juga penyebabnya agar kamu bisa lebih mudah melakukan perbaikan dan juga pencegahan. Jangan lupa bagikan informasi di situs TrenAndroid.com ini ke akun media sosial pribadimu.


Posting Komentar untuk " Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Screenshot dan Penyebabnya"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-