Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memperbaiki Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti di HP Android

7 Cara Memperbaiki Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti di HP Android

Cara Memperbaiki Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti di HP Android

Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti - Saat membuka menu Pengaturan atau Settings di HP, tiba-tiba muncul notifikasi “Sayangnya, Pengaturan telah berhenti” atau “Sayangnya, Setelan telah berhenti” atau juga “Unfortunately, Settings has stopped”. Munculnya notifikasi seperti ini membuat kita tidak bisa mengakses menu Setelan atau Pengaturan di HP android tersebut. Dicoba berulang-ulang tetap saja muncul tulisan seperti itu.

Masalah seperti ini dikenal juga dengan force close, di mana menu Pengaturan atau Settings tidak bisa dibuka dan diakses sama sekali. Lantas, bagaimana cara mengatasi sayangnya pegaturan telah berhenti di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Muncul Notifikasi Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti

Sebelum lanjut ke cara untuk memperbaikinya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab masalah error pada menu Pengaturan / Setelan atau Settings tersebut. Mengetahui penyebabnya ini tentu akan memudahkan kamu saat memperbaikinya nanti, serta mencegah agar masalah error yang sama tidak dialami lagi.

Adapun beberapa penyebab munculnya error Sayangnya, Pengaturan Terus Berhenti atau Telah Berhenti, di antaranya:

  1. Banyaknya file cache yang menumpuk di RAM dan memori internal HP.
  2. Aktivitas rooting pada HP android.
  3. Data corrupt pada file sistem android, khususnya pada menu Pengaturan atau Settings. 
  4. OS Android di perangkat HP tidak diupdate ke versi terbaru, sehingga banyak bug di dalamnya. Salah satunya menyebabkan error pada aplikasi sehingga mengalami force stop atau keluar sendiri.
  5. Bug atau error pada sistem android. 

Cara Memperbaiki Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti di HP Android 2022

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah Pengaturan atau Setelan yang terus berhenti dan keluar sendiri di HP android. Ada beberapa cara mudah dan ampuh yang bisa kamu terapkan. Adapun cara memperbaiki sayangnya pengaturan telah berhenti selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart atau Mulai Ulang HP Android

Cara yang paling mudah dan ampuh mengatasi Pengaturan force stop atau telah berhenti yakni dengan melakukan restart HP. HP akan melakukan booting ulang dan menghapus semua data cache yang tersimpan sementara di RAM sebelumnya. Dengan demikian beberapa masalah error pada HP akan teratasi dengan mudah, termasuk masalah Pengaturan telah berhenti.

Cukup menekan tombol Power selama beberapa detik hingga muncul opsi lanjutan di layar. Kemudian kamu pilih Restart atau Mulai Ulang, maka HP akan mati dan menyala secara otomatis.

2. Unroot HP Android

Jika sebelumnya kamu telah melakukan root pada HP, bisa jadi hal ini yang menyebabkan error pada menu Pengaturan di dalamnya. Sebagai solusi terbaiknya, kamu harus melakukan unrooting pada HP tersebut. 

Untuk melakukan unroot HP android, kamu bisa menggunakan aplikasi yang sebelumnya kamu gunakan untuk root. Biasanya di dalam aplikasi tersebut terdapat menu untuk unroot HP. Jika memang tidak ada, maka kamu bisa melakukan uninstall pada aplikasi rooting HP tersebut. Caranya tekan dan tahan pada ikon aplikasi root HP, kemudian pilih Uninstall atau Hapus Aplikasi.

3. Menghapus Cache pada Menu Pengaturan

File cache bermanfaat untuk mempercepat loading aplikasi ketika dijalankan di momen kedua. Namun, tidak jarang file cache yang tersimpan lama dan menumpuk ini membuat aplikasi error, termasuk pada Pengaturan atau Settings. Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan file cache tersebut. 

  1. Caranya dengan tekan dan tahan pada menu Pengaturan atau Setelan atau Settings hingga muncul beberapa opsi di atasnya.
  2. Selanjutnya kamu pilih opsi Rincian atau ikon seperti huruf “i”.
  3. Pada halaman yang ditampilkan, kamu masuk ke opsi Penyimpanan.
  4. Lalu pilih Hapus Cache atau Hapus Memori.
  5. Selesai.

4. Menghapus Data pada Menu Pengaturan

Cara di atas mungkin belum cukup ampuh untuk memperbaiki error pada Pengaturan di HP. Untuk itu, kamu bisa lanjut untuk menghapus data yang tersimpan di menu Pengaturan tersebut. 

  1. Caranya dengan menekan dan tahan menu Pengaturan yang error. 
  2. Kemudian pilih opsi Rincian atau ikon seperti huruf “i”.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  4. Lalu klik tombol Hapus Data atau Clear Data.
  5. Selesai.

5. Update Versi OS Android di Perangkat HP

Seperti yang dijelaskan di atas, penyebab munculnya pesan Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti disebabkan karena pengguna OS Android versi lawas atau lama. Kamu perlu memperbarui ke versi terbaru jika memang tersedia. 

Kamu bisa mengeceknya di menu Pengaturan >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Download dan Install

6. Lakukan Factory Reset Lewat Recovery Mode

Cara satu ini sering kali digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah error berat pada HP android. Cara melakukannya hampir sama untuk setiap merek dan tipe HP. yang berbeda hanya cara masuk ke Recovery Mode yang ada di dalamnya. 

  1. Pastikan HP dalam keadaan mati dan sisa baterai minimal 50%.
  2. Sekarang tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan sampai muncul logo brand
  3. Nantinya kamu akan dibawa masuk ke halaman Recovery Mode.
  4. Selanjutnya pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk menggeser ke atas dan ke bawah, dan tombol Power untuk memilih. 
  5. Konfirmasi dengan pilih opsi Yes, Wipe All Data.
  6. Tunggu sampai prosesnya selesai. 
  7. Kemudian pilih opsi Reboot System Now dan tunggu sampai HP menyala kembali. 
  8. Selesai.

7. Lakukan Flash HP Android

Dan jika memang semua cara di atas masih belum ampuh mengatasi menu Pengaturan telah berhenti dan keluar sendiri, maka cara satu ini bisa dijadikan solusi terakhir. Melakukan flash HP tidak hanya akan menghapus semua data di dalamnya, melainkan juga akan mengganti firmware atau ROM ke versi terbaru.

Untuk melakukannya sendiri kamu perlu menyiapkan perangkat PC atau laptop, software FlashTool file firmware sesuai tipe HP, dan Android USB Driver dan juga kabel data. Untuk caranya sendiri bisa kalian lihat sendiri di internet. 

Itu tadi cara memperbaiki sayangnya Pengaturan telah berhenti atau keluar sendiri di HP android paling ampuh. Semoga informasi yang ditulis di atas bermanfaat untuk kalian semua. Bagikan informasi di situs TrenAndroid.com ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain. 


Posting Komentar untuk "7 Cara Memperbaiki Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti di HP Android"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-