Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bootloop Android dengan Flashtool

Cara Mengatasi Bootloop Android dengan Flashtool
Cara Memperbaiki Bootloop Android dengan Flashtool

Cara Mengatasi Bootloop Android dengan Flashtool – Salah satu masalah pada smartphone android yang sering dialami pengguna yaitu Android Bootloop. Bootloop sendiri adalah suatu keadaan smartphone android yang mengalami gagal loading dan tidak bisa masuk ke sistem. Biasanya HP android yang mengalami Bootloop ini hanya berhenti di logo brand saja saat di hidupkan. Atau bisa juga smartphone bisa hidup saat di cas namun layar blank hitam. 

Sebagian dari pengguna mungkin kurang mengerti cara mengatasi bootloop android ini, sehingga hal tersebut akan membuat pengguna panik dan mengira bahwa HP androidnya sudah rusak. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah android bootloop satu ini cukup mudah dilakukan. Yang terpenting disini adalah mengidentifikasi terlebih dahulu apa yang menyebabkan HP tersebut mengalami bootloop. Untuk lebih detailnya, berikut ini kami bagikan cara mengatasi bootloop android dengan flashtool yang bisa kamu terapkan. 

Cara Mengatasi Bootloop Android dengan Flashtool

Cara satu ini memang cukup umum dilakukan untuk memperbaiki HP android yang mengalami bootloop. Karena memang, cara mengatasi bootloop android dengan flashtool ini sangat mudah untuk dilakukan dan cukup ampuh atasi masalah tersebut. Cara seperti bisa disebut juga dengan flash ulang HP android.

Selain melakukan flash HP, sebenarnya masih ada cara yang lebih mudah dilakukan untuk mengatasi HP android bootloop, yakni dengan factory reset. Namun, cara ini hanya mampu mengatasi bootloop di HP android yang masih tergolong ringan. Jika masalah bootloopnya sudah terlalu parah, tentunya lebih mengatasinya dengan flash ulang.

Bahan-bahan yang harus di siapkan :

  • USB VCOM Auto Installer, Ambil Disini.
  • MTK Driver, Ambil Disini. 
  • Stock ROM atau Firmware (Bisa disesuaikan dengan jenis HP).
  • SP Flash Tools, Ambil Disini. 
  • Kabel data.

Langkah-langkah Flash Android dengan FlashTool :

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstall USB VCOM Auto Installer dan MTK Drivernya di laptop.
  2. Pada HP android terlebih dahulu kamu masuk ke halaman Mode Download dengan cara menekan tombol tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan (setiap merek dan tipe HP mungkin berbeda cara masuk ke Mode Downloadnya).
  3. Langkah berikutnya, kamu jalankan SP Flastool yang sudah di download tadi dengan cara klik kanan Flash Tool lalu klik Run Administrator.
  4. Setelah Flash Tool sudah terbuka, maka kolom download agent akan secara otomatis terisi. Sekarang tinggal mengisi scatter-loading file-nya.
  5. Klik Scatter-Loading, kemudian cari file Scatter pada Firmware yang sudah didownload sebelumnya. Perlu diingat, setiap HP android berbeda firmware-nya. 
  6. Setelah itu, klik Download dan tunggu sampai selesai. 
  7. Selanjutnya, kamu sambungkan smartphone android ke laptop atau komputer dengan menggunakan kabel USB. Silakan kamu tekan salah satu tombol volume up/volume down/power (tergantung jenis HP) hingga HP terdeteksi.
  8. Sekarang proses flashing akan segera berjalan dengan ditandai warna kuning. Silakan kamu tunggu saja prosesnya tersebut sampai selesai. Tanda kalau proses flash berhasil dijalankan, maka akan muncul lingkaran berwarna hijau
  9. Kalau sudah selesai, silakan cabut HP android dari laptop/komputer lalu coba hidupakan kembali. Seharusnya sekarang smartphone androidmu akan kembali normal dan bisa digunakan seperti biasanya. 

Dengan melakukan cara mengatasi bootloop android dengan flashtool ini, maka smartphone android kamu akan kembali seperti saat pertama kali membelinya. Demikian tadi informasi yang bisa kami Tim TrenAndroid.com bagikan untuk kalian semua. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Bootloop Android dengan Flashtool"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-