Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Android Full Storage

Cara Mengatasi Android Full Storage
Cara Mengatasi Android Full Storage

Cara Mengatasi Android Full Storage – Memiliki smartphone android memang cukup membuat hidup kita lebih mudah dan menyenangkan. Bagaimana tidak, hampir semua pekerjaan bisa dengan mudah dilakukan berkat bantuan smartphone ini. Misalnya saja ketika tersesat disuatu kota besar dan tidak mengerti jalan sama sekali, dengan adanya HP android kita bisa memanfaatkan Google Maps untuk mengetahui lokasi kita dan jalan untuk tempat yang akan kita tuju.

Selain itu, saat rasa penat melanda karena padatnya aktifitas serta banyaknya pekerjaan kantor, dengan smartphone kita bisa menghilangkan itu semua hanya memainkan sebuah game seru yang bisa dengan bebasnya kita mainkan. 

Tak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari yang namanya smartphone ini. Namun, meski demikian tentu yang namanya barang teknologi ada kekurangan dan kelebihannya juga. Pada smartphone ini misalnya yang akan mengalami beberapa masalah yang bisa terjadi kapan saja.

Salah satu masalah yang paling sering dialami para pengguna smartphone adalah full storage atau memori penyimpanan telephone yang penuh. Ini juga terjadi disebabkan oleh banyak hal, seperti terlalu banyaknya aplikasi yang terintsal, banyak aplikasi berjalan di latar belakang, banyak data yang tersimpan, dan lain sebagainya. 

Nah, jika saat ini kamu juga mengalami masalah tersebut pada HP, dibawah ini ada cara mengatasi android full storage yang mudah dan bisa kamu terapkan sendiri. Yuk langsung cek dan terapkan caranya!

Cara Mengatasi Android Full Storage

Sebenarnya untuk cara mengatasi android full storage ini cukup mudah dilakukan, hanya butuh hal kecil untuk bisa mengatasinya. Asal kamu mengetahui beberapa penyebab seperti yang sudah kami singgung diatas, pastinya anda sudah bisa menganalisa bagaimana penyelesaian dari masalah ini.

1. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Para pengguna biasanya sering menyimpan foto, video, aplikasi atau data lainnya di smartphone mereka. Meskipun nyatanya tidak terlalu penting mereka tetap mengabaikan dan membiarkan beberapa data tersebut tersimpan aman di memori smartphone.

Padahal, ha tersebut Cuma akan membuat ruang memori telephone semakin penuh. Karena itu, untuk mengatasi android full memori atau full storage ini anda hapus semua data yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Pindah File ke MicroSD

Cara mengatasi android full storage selanjutnya adalah dengan memindahkan beberapa file dan data, seperti aplikasi, foto, dan video ke memori eksternal. Dengan begitu, maka memori internal pada smartphone akan kembali lega. Cara memindahnya bisa langsung melalui menu File Manajer atau File Berkas yang ada di HP.

Selain itu, Anda juga bisa memindahkan data aplikasi yang terinstall di HP ke memori eksternal. Untuk cara memindahkan aplikasi ke microSD adalah sebagai berikut : 

  • Buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian buka Apps atau Manajer Aplikasi.
  • Pada tampilan ini akan ada banyak daftar aplikasi yang terinstall di smartphone. Silahkan pilih salah satu aplikasi yang ingindi pindah, kemudian pilih “Move to SD Card”.

3. Hapus Cache Aplikasi

Selanjutnya untuk mengatasi android full storage ini yaitu dengan menghapus cache aplikasi. Untuk caranya, silakan simak dibawah ini :

  • Masuk ke Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian Pilih Apps atau Manajer Aplikasi.
  • Disini akan anda akan menemukan banyak aplikasi yang anda install di smartphone. Silahkan pilih salah satu aplikasi yang dirasa memakan banyak ruang, kemudian pilih “Penyimpanan dan klik “Clear Cache”.

4. Menghapus File Data Aplikasi

Dan langkah terakhir untuk cara mengatasi android full storage ini adalah dengan menghapus data aplikasi smartphone. Namun perlu diingat, menghapus data aplikasi akan membuat data login dan semua pengaturan di dalamnya akan direset. Artinya aplikasi akan kembali seperti baru pertama kali diinstall. Untuk langkah-langkah menghapus data aplikasi di android tersebut, yakni:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian pilih menu storage atau penyimpanan.
  • Pada halaman ini anda akan dihadapkan dengan daftar penggunaan memori smartphone anda. Kamu klik saja pada opsi “Storage”, kemudian klik “Cache Data”
  • Konfirmasi penghapusan data dengan pilih “Ok”.

5. Gunakan Aplikasi Cleaner

Selain cara di atas, alternatif lainnya untuk membersihkan memori internal HP yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Melakukan cara ini tentu sedikit akan membantu melegakan memori HP yang penuh karena data sistem. Beberapa aplikasi bisa kamu gunakan, di antaranya:

Dengan melakukan beberapa cara mengatasi android full storage diatas, tentunya saat ini ruang memori smartphone anda sudah lebih lega dan masalah full storage sudah teratasi dengan baik. Demikian informasi yang kami TrenAndroid.com bagikan kepada kalian semua, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk " 7 Cara Mengatasi Android Full Storage"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-