Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android Dead Boot

Cara Mengatasi Android Dead Boot
Cara Memperbaiki Android Dead Boot

Cara Mengatasi Android Dead Boot – Semakin hari perkembangan android semakin pesat saja. Saat ini sudah semakin banyak HP android yang beredar di pasaran dan masyarakat. Kalau dulunya HP android hanya dimiliki oleh kalangan menengah keatas saja, namun tidak untuk saat ini. Untuk segmen menengah kebawah juga sudah bisa memiliki yang namanya HP pintar ini. Hal tersebut dikarenakan sudah banyak para vendor HP yang menawarkan HP android canggih dengan harga yang cukup murah. 

Namun, memang tidak bisa dipungkiri, HP android dengan harga murah pasti akan mengalami banyak masalah. Ini dikarenakan spesifikasi yang dibawanya memang cukup rendah dan tidak seperti HP yang dibanderol dengan harga mahal. Salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagian besar pengguna android murah ini yaitu android Dead Boot. Apa arti istilah Dead Boot pada HP android ini? Dan bagaimana cara mengatasi android Dead Boot tersebut? 

Cara Mengatasi Android Dead Boot 

Dead Boot adalah suatu keadaan dimana HP android tidak ditemukan tanda-tanda akan hidup atau bisa diartikan mati total. Dead Boot tentu berbeda dengan Bootloop. Kalu bootloop sendiri biasanya HP tidak bisa loading sempurna dan hanya berhenti di Logo brand saja. Namun, untuk Dead Boot ini tidak meuncul apapun dilayar. 

Banyak yang mempertanyakan bagaimana cara mengatasi android Dead Boot ini. Bahkan ada yang mengira bahwa masalah ini tidak akan bisa diatasi. Namun kamu jangan khawatir, masih ada kok cara untuk mengatasi masalah Dead Boot pada android ini. 

Tetapi, sebelum lanjut ke cara mengatasi android Dead Boot ini, ada beberapa penyebab android Dead Boot yang perlu kamu tahu terlebih dahulu. Berikut penyebabnya :

  1. Kesalahan saat Flash ROM
  2. Disebabkan karena adanya virus
  3. IC EMMC yang mengalami error
  4. Kesalahan saat Rooting smartphone

Keempat penyebab diatas sebagian dilakukan oleh para pengguna android sendiri, sehingga tak heran jika masalah Dead Boot ini akan sering dialami. Untuk cara mengatasinya, silahkan lihat beberapa langkah dibawah ini : 

Lakukan Reparasi atau Perbaikan IC EMMC dengan JTAG

Untuk langkah pertama ini, kamu bisa terlebih dahulu melakukan identifikasi pada IC EMMC-nya, apakah terjadi kerusakan yang cukup para atau tidak. Jika memang hanya terjadi data yang corrupt atau sebagian data hilang, maka langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah flashing HP. Untuk identifikasi ini sendiri kamu bisa menggunakan Bax Flash Premium

Karena HP android yang mengalami Dead Boot ini tidak memunculkan kehidupan sama sekali, pastinya sangat tidak mungkin untuk melakukan flashing HP. Namun, untuk sekarang sudah ada cara lebih modern lagi untuk melakukan flashing tanpa menghubungkan HP dengan laptop menggunakan kabel USB yaitu dengan memanfaatkan boc flash JTAG. Flasing akan bekerja dengan menghubungkan kabel flash dengan titik PIN Flash yang ada pada mesin HP android. Ini artinya kita harus membongkar HP android secara keseluruhan. 

Mengganti IC EMMC

Jika, kerusakan IC EMMC terlalu parah dan tidak bisa diperbaiki dengan cara flashing tadi, maka langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah dengan cara mengganti IC EMMC-nya. Hal ini haruslah dilakukan oleh tenaga yang sudah profesional. Silahkan kamu cari saja IC EMMC yang sesuai dengan tipe HP android milikmu dan lakukan pemasangan. 

Dengan melakukan beberapa cara mengatasi android Dead Boot diatas, diharapkan HP android akan bisa hidup kembali dan bisa digunakan seperti sedia kala. Semoga informasi yang kami tim TrenAndroid.com berikan ini bermanfaat untuk kalian semua.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Android Dead Boot"

Beli Followers TikTok Real Aman & Legal Mulai Rp 25.000,-